MAKALAH
LINGUISTIK
UMUM
KLASIFIKASI
BAHASA
Dosen
Pengampu : M.Doni Sanjaya, M.pd.
Disusun
Oleh : Kelompok 4
1. Indah Lestari
1621009
2. Ayu Apryani 1621030
3. Resty Sari Saymona 1621031
4. Tiwi Armila
1621035
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BAHASA SASTRA, INDONESIA DAN DAERAH
PROGRAM STUDI BAHASA SASTRA, INDONESIA DAN DAERAH
UNIVERSITAS
BATURAJA 2016
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur hanya bagi Allah Swt rabb semesta alam. tidak ada upaya selain
dari nya. Semoga kita selalu dilimpahkan rahmat dan karunia nya dalam
mengarungi kehidupan ini. Salawat
dan salam selalu dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw. Beserta keluarga sahabat
dan orang-orang yang mengikutinya sampai akhir zaman di manapun mereka berada.
Alhamdulilah dengan izin dan kehenda dari nyalah sehingga makalah ini dapat
kami selesaikan. Makalah ini kami beri judul “klasifikasi Bahasa”. Dalam makalah dijelaskan bagaimana
perkembangan klasifikasi bahasa dengan penjelasan dalam makalah ini diharapkan
kepada para pembaca lebih memahami tentang membaca cepat.
Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah
memberikan gambaran tentang materi yang harus selesaikan dan juga semua pihak
yang turut membantu menyelesaikan makalah ini. Terakhir
penulis sanggat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk lebih
menyempurnakan makalah ini. Agar makalah ini lebih sempurna di masa yang akan
datang.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………….i
DAFTAR
ISI……………………………………………………………………...ii
BAB
I PENDAHULUAN………………………………………………………...1
A.Latar
Belakang………………………………………………………………….1
B. Tujuan Dan Manfaat……………………………………………………….1
BAB
II PEMBAHASAN………………………………..………………………...2
A.Klasifikasi
Bahasa……………………………………………………………….2
I. Klasifikasi
Genetis………………………………………………...…….....2
2. klasifikasi
Tipologi……………………………………………………………....3
3. klasifikasi Areal………………………………………………………………....3
4. Klasifikasi
Sosiolinguistik…………………………….……………………….....4
B. Zaman Renaisan Sampai Zaman Menjelang
Linguistik Modern…………….........4
I. Zaman Renaisans……………………………………………………………….5
2. Zaman Menjelang Linguistik Modern…………………………………………...5
BAB
III PENUTUP……………………………………………………………….6
A. Kesimpulan…………………………………………………………………….6
B. Saran……………………………………………………………………..…….6
C. Daftar Pustaka……………………………………………………………...….7
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam era yang serba teknologi saat ini, kemajuan bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik itu bidang sosial, bidang informasi maupun bidang pendidikan. Salah satunya membuat makalah yang baik dan benar, yaitu merupakan sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.
1.3 Tujuan dan manfaat
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1. Membantu memperkenalkan mengenai klasifikasi bahasa
2. Memahami konsep ciri-ciri bahasa
Manfaat :
1. Memberikan siswa pengetahuan baru
2. Memperbaiki nilai pelajaran Bahasa Indonesia
Dalam era yang serba teknologi saat ini, kemajuan bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik itu bidang sosial, bidang informasi maupun bidang pendidikan. Salah satunya membuat makalah yang baik dan benar, yaitu merupakan sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.
1.3 Tujuan dan manfaat
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1. Membantu memperkenalkan mengenai klasifikasi bahasa
2. Memahami konsep ciri-ciri bahasa
Manfaat :
1. Memberikan siswa pengetahuan baru
2. Memperbaiki nilai pelajaran Bahasa Indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
A.KLASIFIKASI BAHASA
Menurut
Greenberg, suatu klasifikasi yang baik harus memenuhi persyaratan
nonarbiter,ekshaustik,dan unik.Yang dimaksud nonarbiter adalah bahwakriteria
klasifikasiitu tidak boleh semaunya,hanya harus ada satu kriteria dan
hasilnyaakanekshaustik.Artinya,setelah klasifikasi dilakukan tidak ada
lagisisanya.Bahasa yang adadapat masuk kedalam salah satu kelompok yang
lain.Didalam membuat praktek membuat klasifikasi ada tiga persyaratanyang
diajukanoleh Greenberg itu tidak dapat dilaksanakan,sebab banyak sekali
ciri-ciribahasa yangdapat digunakan untuk membuat klasifikasi itu,antara lain:
1.Pendekatan
genetik
2.Pendekatan
tiologis
3.Pendekatan
sosiolingiistik
1.
KLASIFIKASI GENETIS
Klasifikasi ini disebut juga klasifikasi geneologis artinya suatu
bahasaberasal atauditurunkan dari bahasa yang lebih tua.Suatu bahasa
proto(bahasatua,bahasa semula).Akanpecah dan menurunkan dua bahasa baru atau
lebih.Teori menurut
A.Schlercher,
memberigambaran seperti batang pohon
yang berbalik teori ini bernama teoribatang pohon
(bahasa jerman:stammabaumtheorie), pada tahun 1866.kemudian dilengkapioleh
S.Schmidt, padatahun 1872.Dengan teori
gelombang maksudnya adalah perkembanganatau perpecahanbahasa itu dapat
diumpamakan seperti gelobang yang disebabkan olehsebuah batu yangdijatuhkan
ketengah kolam.Penyebaran bahasa itu terjadi karena penuturnya menyebar
atauberpindah tempatsebagai akibat adanya peperangan atau bencana alam.Sejauh
ini hasilklasifikasi banyakditerima orang secara umum bahwa bahasa-bahasa yang
ada diduniaterbsgi dalam sebelasrumpun besar antara lain:
a.
Rumpun indo eropa
b.Rumpun
hamito-semit atau Afro-Asiatik
c.
Rumpun Chari-Nil
d.
Rumpun Dravida
e.
Rumpun Austronesia
f.
Rumpun Kaukarus
g.
Rumpun Finno-Ugris
h.
Rumpun Paleo Asiatis atau hiperbolis
i.
Rumpun Ural-Altai
j.
Rumpun Sino-Tibet
k.Rumpun
Bahasa-bahasa Indian
2.
KLASIFIKASI TIPOLOGI
Klasifikasi ini dilakukan berdasarkan kesamaan tipe atau
pada sejumlahbahasa.Klasifikasi pada tataran morfologi yang telah dilakukan
pada
abad
XIX
secara
garisbesar dibagi menjadi 3 kelompok:- Kelompok pertama menggunakan bentuk
bahasa sebagai dasarklasifikasi.Yangmula-mula mengusulkan klasifikasi morfologi
adalah Fredrich VonSchlegel.- Menggunakan akar kata sebagai dasar klasifiaksi
tokohnya adalahFranz Bopp.- Menggunakan bentuk sintaksis senagai dasar
klasifikasi dan tokohnyaadalah H.Steinthan.
3.
KLASIFIKASI AREAL
Klasifikasi ini bersifat tertutup dilakukan berdasarkan adanya
hubungantimbalbalik antara bahasa yang satu dengan yang lain dalam suatu
arealwilayah. Artinya belummenerima unsur-unsur luar. Klasifikasi ini pernah
dilakukan oleh Wilhelm Schmidt dengan bukunya Diesprachfamilien Und
Sprachenkreise Der Ende.
4.
KLASIFIKASI SOSIOLINGUISTIK
Faktor-faktor yang berlaku dalam masyarakat berdasarkan
status,fungsi, danpenilaian yang diberikan masyarakat terhadap bahasa itu.
Klasifikasi inipernah dilakukanoleh William
A. Stuarttahun 1962 dalam artikelnya“An Outline Of Linguistic
Tipology For Dercribing Multilingualism” Klasifikasi dilakukan berdasarkan
empatciri :
a. Historisitas : Berkenaan dengan
sejarah pengembangan bahasa atausejarahpemakaian bahasa.
b. Standardisasi: Berkenaan dengan
statusnya sebagai bahasa bakuatau tidakbaku.
c. Vitalitas : Berkenaan apakah bahasa
itu mempunyai penutur yangmenggunakannya dalam kegiatan sehari-hari secara
aktif atau tidak.
d. Homogenesitas leksikon dan tata
bahasa:Berkenaan apakah ituditurunkan.
B. ZAMAN RENAISANS SAMAPAI ZAMAN
MENJELANG LINGUSTIK MODERN
A. ZAMAN RENAISANS
Zaman Renaisans dianggap sebagai zaman pembukaan abad
pemikiran abad modern. Dalam sejarah studi bahasa ada dua hal pada zaman
renaisans ini yang menonjol yang perlu dicatat. 1) Sarjana-sarjana pada waktu
itu menguasai bahasa Latin, Ibrani, dan Arab, 2) Bahasa Eropa lainnya juga
mendapat perhatian dalam bentuk pembahasaan, penyusunan tata bahasa, dan
perbandingan.
B. ZAMAN MENJELANG
LINGUSTIK MODERN
Masa antara lahirnya linguistik modern dengan masa
berakhirnya zaman renaisans terdapat satu tonggak yang sangat penting dalam
sejarah studi bahasa. Tonggak yang sangat penting itu adalah dinyatakannya
adanya hubungan kekerabatan antara bahasa Sansekerta dengan bahasa-bahasa
Yunani, Latin, dan bahasa Jerman lainnya yang telah membuka babak baru sejarah
linguistik, yakni dengan berkembangnya studi linguistik bandingan atau
linguistik historis komparatif, serta studi mengenai hakekat bahasa secara
linguistik terlepas dari masalah filsafat Yunani Kuno.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dengan demikian perlu dapat ditarik kesimpulan bahwa klasifikasi adalah pembagian sesuatu
menurut kelas-kelas. Menurut Ilmu Pengetahuan, Klasifikasi adalah Proses
pengelompokkan benda berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan.sistem
simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang
bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi
oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran. Sedangkan dari
makna Bahasa itu terdapat macam dan ragam bahasa yang telah dijelaskan di atas
SARAN
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna,
kedepannya penulis akan lebih fokus dan detailis dalam menjelaskan tentang
makalah di atas dengan sumber-sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat
dipertanggung jawabkan.
DAFTAR PUSTAKA
Ramlan, M. 1983. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif: UP
Karyono
Parera, D.J. 1988. Marfologi. Jakarta: Gramedia
Suwito. A. 1983. Sosiolinguistik. Surakarta: Henary
Offset
Tidak ada komentar:
Posting Komentar