MAKALAH
Kelompok 6
Nama
Kelompok:1. Fitra Marega
2. Rita Septiani
3. M.Tri Bagus I
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Tahun Ajaran 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta karunia-Nya kepada kami
sehingga kami berhasil
menyelesaikan Makalah ini
yang alhamdulillah tepat pada
waktunya yang berjudul “Membaca
Pemahaman”.
Makalah ini
berisikan tentang pengertian membaca pemahaman,langkah langkah membaca
pemahaman,latihan membaca pemahaman,dan latihan membaca pemahaman dengan
paragraf rumpang.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami
sampaikan terima kasih kepada
semua pihak yang telah berperan serta dalam
penyusunan makalah ini
dari awal sampai
akhir. Semoga dari makalah
ini, kita dapat menambah pengetahuan tentang membaca
pemahaman dan mendapatkan informasi yang ada.
Baturaja, 13 November 2016
penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar.........................................................................................................i
Daftar
Isi..................................................................................................................ii
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah.................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah............................................................................................. 2
1.3 Tujuan Penulisan.............................................................................................. .2
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah.................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah............................................................................................. 2
1.3 Tujuan Penulisan.............................................................................................. .2
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Tujuan Pendidikan.............................................................................................3
2.2 Fungsi Pendidikan.............................................................................................4
BAB 3
PENUTUP
3.1Kesimpulan........................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................9
PEMBAHASAN
2.1 Tujuan Pendidikan.............................................................................................3
2.2 Fungsi Pendidikan.............................................................................................4
BAB 3
PENUTUP
3.1Kesimpulan........................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................9
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Secara akademik, istilah pendidikan berspektrum luas. Pendidikan adalah
proses peradapan dan peradapan manusia. Pendidikan adalah aktivitasi semua
potensi dasar manusia melalui interaksi antara manusia dewasa
dengan yang belum dewasa. Pendidikan adalah proses kemanusiaan dan pemanusiaan
sejati, dengan atau tanpa penyegajaan.
Pendidikan adalah proses
pemartaban manusia menuju puncak optimasi potesi kognitif, afektif dan
fsikomotorik yang di milikinya. Pendidikan adalah proses membimbing, melatih
dan memadu manusia terhindar atau keluar dari kebodohan.Dalam pendidikan
pasti mempunya maksud dan tujuan tersebut,yang akan di bahas pada makalah ini
adaah tujuan dan fungsi dari pendidikan
1.2 Rumusan
Masalah
Dari penjelasan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.Apa Tujuan dari Pendidikan?
2.Apa fungsi dari Pendidikan
Dari penjelasan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.Apa Tujuan dari Pendidikan?
2.Apa fungsi dari Pendidikan
1.3 Tujuan
Penulisan
1.Agar mengetahui tujuan dari pendidikan
2. Agar Mengetahui apa fungsi pendidikan
1.Agar mengetahui tujuan dari pendidikan
2. Agar Mengetahui apa fungsi pendidikan
BAB
2
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1
Tujuan Pendidikan
Tujuan dan fungsi pendidikan
seseringnya sulit dibedakan, bahkan dikacaukan. Kata tujuan merujuk pada hasil,
sedangkan fungsi merujuk pada proses. Tujuan berkaitan dengan akhir dan sebuah
proses atau capaian yang diperoleh dan proses pendidikan itu. Fungsi merujuk
pada hasil lain yang mungkin terjadi sebagai sampingan atau konsekuensi dan
proses pendidikan itu. Fungsi pun bisa bermakna efek samping yang muncul dan
sebuah proses pendidikan. Kata tujuan bermakna penyengajaan, sementara fungsi
lebih bermakna efek alami yang ditimbulkan dan sebuah proses untuk mencapal
tujuan itu.
Secara tradisional tujuan utama
pendidikan adalah transmisi pengetahuan atau proses membangun manusia menjadi
berpendidikan. Transfer pengetahuan yang diperoleh di bangku sekolah atau di
lembaga pelatihan ke dunia nyata adalah sesuatu yang terjadi secara alami
sebagai konsekuensi dan kepemilikan pengetahuan oleh peserta didik atau siswa.
Karenanya, tujuan pendidikan adalah seperti apa yang dinyatakan, berikut segala
upaya mencapainya. Fungsi diasumsikan terjadi tanpa usaha yang diarahkan, lebih
bersifat alami, untuk tidak disebut sebagai kebetulan belaka.
Tugas utama pendidikan adalah
menanamkan keyakinan dan memfasilitasi proses belajar siswa. Hasilnya adalah
perolehan belajar atau yang lebih utama adalah kesadaran akan pentingnya
belajar, serta pengetahuan tentang belajar bagaimana belajar. siswa, dan
anak-anak. Menurut Emma Goldman, “Satu-satunya tujuan pendidikan adalah untuk
mengajar siswa bagaimana menjalani hidupnya dengan mengembangkan pikiran dan
memperlengkapi dia untuk menghadapi realitas. Pendidikan yang dibutuhkan
bersifat teoritis atau konseptual, dimana anak diajar berpikir, memahami,
mengintegrasikan, dan membuktikan suatu fenomena.
2.2 Fungsi Pendidikan
Pendidikan membawa misi mulia sebagai proses kemanusiaan dan pemanusiaan, balk alami maupun buatan. Di Indonesia, pendidikan nasional dikonsepsikan sebagai berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal mi secara nyata tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan produk hukum lainnya.
Di dalam literatur akademik, kajian
mengenai fungsi pendidikan memunculkan pertanyaan yang banyak dan mendalam.
Jiddu Krishnamurti (1895-1986), misalnya, membuat sejumlah pertanyaan yang
berkaitan dengan upaya menelaah fungsi pendidikan. Perhatikan
pertanyaan-pertanyaannya benikut ini. Mengapa siswa pergi ke sekolah, belajar
berbagai mata pelajaran, berusaha Iulus ujian dan bersaing satu sama lain untuk
mencapai nilai yang lebih baik? Apakah ini yang disebut pendidikan? Mengapa
siswa belajar keras selama pendidikan di sekolah? Apakah itu hanya untuk lulus
ujian dan mendapatkan pekerjaan untuk hidup? Apakah fungsi pendidikan untuk
mempersiapkan siswa sementara mereka masih terlalu muda untuk memahami
keseluruhan proses? Apakah memiliki pekerjaan dan memperoleh penghasilan dan
pekerjaan itu merupakan produk pendidikan? Apakah siswa dididik hanya untuk
itu?
Fungsi pendidikan sesunguhnya adalah
membangun manusia yang beriman, cerdas, kompetitif, dan bermartabat beriman,
mengandung makna bahwa manusia mengakui adanya eksistensi Tuhan dan mengikuti
ajaran dan menjauhi larangannya. Kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa tercermin
dari keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, budi pekerti luhur, altruis (semangat
membantu orang lain secara cuma-cuma), motivasi tinggi, optimis, dan
kepribadian unggul. Kecerdasan emosional dan spiritual tercermin dan
sensitivitas dan apresiasi akan kehalusan dan keindahan seni budaya;
beraktualisasi din melalui interaksi sosial yang: membina dan memupuk hubungan
timbal balik, demokratis, empatik, simpatik, menjunjung tinggi HAM, ceria dan
percaya diri.
BAB
3
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Tujuan dari pendidikan akademik
1. Mengoptimasi potensi kognitif, afektif, dan psikomotor yang dimiliki oleh siswa.
2. mewariskan nilal-nilal budaya dan generasi ke generasi untuk menghindari sebisa mungkin anak-anak tercabut dan akar budaya dan kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. mengembangkan daya adaptabilitas siswa untuk menghadapi situasi masa depan yang terus berubah, baik intensitas maupun persyaratan yang diperlukan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. meningkatkan dan mengembangkan tanggung jawab moral siswa.
5. mendorong dan membantu siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
6. mendorong dan membantu siswa memahami hubungan yang seimbang antara hukum dan kebebasan pribadi dan sosial.
Tujuan dari pendidikan akademik
1. Mengoptimasi potensi kognitif, afektif, dan psikomotor yang dimiliki oleh siswa.
2. mewariskan nilal-nilal budaya dan generasi ke generasi untuk menghindari sebisa mungkin anak-anak tercabut dan akar budaya dan kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. mengembangkan daya adaptabilitas siswa untuk menghadapi situasi masa depan yang terus berubah, baik intensitas maupun persyaratan yang diperlukan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. meningkatkan dan mengembangkan tanggung jawab moral siswa.
5. mendorong dan membantu siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
6. mendorong dan membantu siswa memahami hubungan yang seimbang antara hukum dan kebebasan pribadi dan sosial.
Fungsi Pendidikan
Fungsi
pendidikan sesunguhnya adalah membangun manusia yang beriman, cerdas,
kompetitif, dan bermartabat beriman, mengandung makna bahwa manusia mengakui
adanya eksistensi Tuhan dan mengikuti ajaran dan menjauhi larangannya.
Kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa tercermin dari keimanan, ketakwaan,
akhlak mulia, budi pekerti luhur, altruis (semangat membantu orang lain secara
cuma-cuma), motivasi tinggi, optimis, dan kepribadian unggul. Kecerdasan
emosional dan spiritual tercermin dan sensitivitas dan apresiasi akan kehalusan
dan keindahan seni budaya; beraktualisasi din melalui interaksi sosial yang:
membina dan memupuk hubungan timbal balik, demokratis, empatik, simpatik,
menjunjung tinggi HAM, ceria dan percaya diri.
3.2 Saran
Penulis berharap dari makalah ini mahasiswa dapat memahami:
1.Tujuan dari pendidikan
2. Fungsi dari Pendidikan
Penulis berharap dari makalah ini mahasiswa dapat memahami:
1.Tujuan dari pendidikan
2. Fungsi dari Pendidikan
DAFTAR PUSTAKA
Prof.Dr.Sudarwan,8 oktober 2013,Pengantar
pendidikan
Sunda,gini, http://ginsunda.blogspot.co.id/2013/05/pendidikan.html
Sunda,gini, http://ginsunda.blogspot.co.id/2013/05/pendidikan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar