Minggu, 01 Januari 2017

KLASIFIKASI BAHASA


MAKALAH
LINGUISTIK UMUM
KLASIFIKASI BAHASA







Dosen Pengampu : M.Doni Sanjaya, M.pd.
Disusun Oleh : Kelompok 4
                                                                       1. Indah Lestari            1621009
                                                                       2. Ayu Apryani            1621030
                                                                       3. Resty Sari Saymona 1621031
                                                                       4. Tiwi Armila              1621035

                            


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BAHASA SASTRA, INDONESIA DAN DAERAH
UNIVERSITAS BATURAJA 2016





KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanya bagi Allah Swt rabb semesta alam. tidak ada upaya selain dari nya. Semoga kita selalu dilimpahkan rahmat dan karunia nya dalam mengarungi kehidupan ini.                                                                                                                                              Salawat dan salam selalu dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw. Beserta keluarga sahabat dan orang-orang yang mengikutinya sampai akhir zaman di manapun mereka berada. Alhamdulilah dengan izin dan kehenda dari nyalah sehingga makalah ini dapat kami selesaikan. Makalah ini kami beri judul “klasifikasi Bahasa”. Dalam makalah dijelaskan bagaimana perkembangan klasifikasi bahasa dengan penjelasan dalam makalah ini diharapkan kepada para pembaca lebih memahami tentang membaca cepat.                         Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan gambaran tentang materi yang harus selesaikan dan juga semua pihak yang turut membantu menyelesaikan makalah ini.                                                                                                                                                       Terakhir penulis sanggat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah ini. Agar makalah ini lebih sempurna di masa yang akan datang.
           















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………….i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………...ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………...1
A.Latar Belakang………………………………………………………………….1
B.        Tujuan Dan Manfaat……………………………………………………….1
BAB II PEMBAHASAN………………………………..………………………...2
A.Klasifikasi Bahasa……………………………………………………………….2
 I.         Klasifikasi Genetis………………………………………………...…….....2
 2. klasifikasi Tipologi……………………………………………………………....3
 3. klasifikasi Areal………………………………………………………………....3
 4. Klasifikasi Sosiolinguistik…………………………….……………………….....4
 B. Zaman Renaisan Sampai Zaman Menjelang Linguistik Modern…………….........4
 I. Zaman Renaisans……………………………………………………………….5
 2. Zaman Menjelang Linguistik Modern…………………………………………...5
BAB III PENUTUP……………………………………………………………….6
A.  Kesimpulan…………………………………………………………………….6
B.  Saran……………………………………………………………………..…….6
C.  Daftar Pustaka……………………………………………………………...….7



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
    Dalam era yang serba teknologi saat ini, kemajuan bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik itu bidang sosial, bidang informasi maupun bidang pendidikan. Salah satunya membuat makalah yang baik dan benar, yaitu merupakan sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.

1.3 Tujuan dan manfaat
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
     1. Membantu memperkenalkan mengenai klasifikasi bahasa
     2. Memahami konsep ciri-ciri bahasa

Manfaat :
     1. Memberikan siswa pengetahuan baru
     2. Memperbaiki nilai pelajaran Bahasa Indonesia













BAB II
PEMBAHASAN

A.KLASIFIKASI BAHASA

Menurut Greenberg, suatu klasifikasi yang baik harus memenuhi persyaratan nonarbiter,ekshaustik,dan unik.Yang dimaksud nonarbiter adalah bahwakriteria klasifikasiitu tidak boleh semaunya,hanya harus ada satu kriteria dan hasilnyaakanekshaustik.Artinya,setelah klasifikasi dilakukan tidak ada lagisisanya.Bahasa yang adadapat masuk kedalam salah satu kelompok yang lain.Didalam membuat praktek membuat klasifikasi ada tiga persyaratanyang diajukanoleh Greenberg itu tidak dapat dilaksanakan,sebab banyak sekali ciri-ciribahasa yangdapat digunakan untuk membuat klasifikasi itu,antara lain:
1.Pendekatan genetik
2.Pendekatan tiologis
3.Pendekatan sosiolingiistik

1.      KLASIFIKASI GENETIS

Klasifikasi ini disebut juga klasifikasi geneologis artinya suatu bahasaberasal atauditurunkan dari bahasa yang lebih tua.Suatu bahasa proto(bahasatua,bahasa semula).Akanpecah dan menurunkan dua bahasa baru atau lebih.Teori menurut
A.Schlercher, memberigambaran seperti batang pohon yang berbalik teori ini bernama teoribatang pohon (bahasa jerman:stammabaumtheorie), pada tahun 1866.kemudian dilengkapioleh
S.Schmidt, padatahun 1872.Dengan teori gelombang maksudnya adalah perkembanganatau perpecahanbahasa itu dapat diumpamakan seperti gelobang yang disebabkan olehsebuah batu yangdijatuhkan ketengah kolam.Penyebaran bahasa itu terjadi karena penuturnya menyebar atauberpindah tempatsebagai akibat adanya peperangan atau bencana alam.Sejauh ini hasilklasifikasi banyakditerima orang secara umum bahwa bahasa-bahasa yang ada diduniaterbsgi dalam sebelasrumpun besar antara lain:
a. Rumpun indo eropa
b.Rumpun hamito-semit atau Afro-Asiatik
c. Rumpun Chari-Nil
d. Rumpun Dravida
e. Rumpun Austronesia
f. Rumpun Kaukarus
g. Rumpun Finno-Ugris
h. Rumpun Paleo Asiatis atau hiperbolis
i. Rumpun Ural-Altai
j. Rumpun Sino-Tibet
k.Rumpun Bahasa-bahasa Indian


2.      KLASIFIKASI TIPOLOGI

Klasifikasi ini dilakukan berdasarkan kesamaan tipe atau pada sejumlahbahasa.Klasifikasi pada tataran morfologi yang telah dilakukan pada
abad XIX
secara garisbesar dibagi menjadi 3 kelompok:- Kelompok pertama menggunakan bentuk bahasa sebagai dasarklasifikasi.Yangmula-mula mengusulkan klasifikasi morfologi adalah Fredrich VonSchlegel.- Menggunakan akar kata sebagai dasar klasifiaksi tokohnya adalahFranz Bopp.- Menggunakan bentuk sintaksis senagai dasar klasifikasi dan tokohnyaadalah H.Steinthan.

3.      KLASIFIKASI AREAL

Klasifikasi ini bersifat tertutup dilakukan berdasarkan adanya hubungantimbalbalik antara bahasa yang satu dengan yang lain dalam suatu arealwilayah. Artinya belummenerima unsur-unsur luar. Klasifikasi ini pernah dilakukan oleh Wilhelm Schmidt dengan bukunya Diesprachfamilien Und Sprachenkreise Der Ende.

4.      KLASIFIKASI SOSIOLINGUISTIK

Faktor-faktor yang berlaku dalam masyarakat berdasarkan status,fungsi, danpenilaian yang diberikan masyarakat terhadap bahasa itu. Klasifikasi inipernah dilakukanoleh William A. Stuarttahun 1962 dalam artikelnya“An Outline Of Linguistic Tipology For Dercribing Multilingualism” Klasifikasi dilakukan berdasarkan empatciri :
a.       Historisitas : Berkenaan dengan sejarah pengembangan bahasa atausejarahpemakaian bahasa.
b.      Standardisasi: Berkenaan dengan statusnya sebagai bahasa bakuatau tidakbaku.
c.       Vitalitas : Berkenaan apakah bahasa itu mempunyai penutur yangmenggunakannya dalam kegiatan sehari-hari secara aktif atau tidak.
d.      Homogenesitas leksikon dan tata bahasa:Berkenaan apakah ituditurunkan.


B. ZAMAN RENAISANS SAMAPAI ZAMAN MENJELANG LINGUSTIK MODERN
A. ZAMAN RENAISANS
Zaman Renaisans dianggap sebagai zaman pembukaan abad pemikiran abad modern. Dalam sejarah studi bahasa ada dua hal pada zaman renaisans ini yang menonjol yang perlu dicatat. 1) Sarjana-sarjana pada waktu itu menguasai bahasa Latin, Ibrani, dan Arab, 2) Bahasa Eropa lainnya juga mendapat perhatian dalam bentuk pembahasaan, penyusunan tata bahasa, dan perbandingan.

B. ZAMAN MENJELANG LINGUSTIK MODERN
Masa antara lahirnya linguistik modern dengan masa berakhirnya zaman renaisans terdapat satu tonggak yang sangat penting dalam sejarah studi bahasa. Tonggak yang sangat penting itu adalah dinyatakannya adanya hubungan kekerabatan antara bahasa Sansekerta dengan bahasa-bahasa Yunani, Latin, dan bahasa Jerman lainnya yang telah membuka babak baru sejarah linguistik, yakni dengan berkembangnya studi linguistik bandingan atau linguistik historis komparatif, serta studi mengenai hakekat bahasa secara linguistik terlepas dari masalah filsafat Yunani Kuno.












BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dengan demikian perlu dapat ditarik kesimpulan bahwa klasifikasi adalah pembagian sesuatu menurut kelas-kelas. Menurut Ilmu Pengetahuan, Klasifikasi adalah Proses pengelompokkan benda berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan.sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran. Sedangkan dari makna Bahasa itu terdapat macam dan ragam bahasa yang telah dijelaskan di atas

SARAN
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detailis dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber-sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat dipertanggung jawabkan.







DAFTAR PUSTAKA

Ramlan, M. 1983. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif: UP Karyono
Parera, D.J. 1988. Marfologi. Jakarta: Gramedia
Suwito. A. 1983. Sosiolinguistik. Surakarta: Henary Offset

Tidak ada komentar:

Posting Komentar