Minggu, 01 Januari 2017

TUJUAN DAN FUNGSI PENGANTAR PENDIDIKAN


MAKALAH



Kelompok 6
               Nama Kelompok:1. Fitra Marega    
                   2. Rita Septiani
                   3. M.Tri Bagus I





Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Tahun Ajaran 2016/2017
KATA PENGANTAR


Puji  syukur  kami  panjatkan  kehadirat  Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya   kepada    kami   sehingga   kami   berhasil   menyelesaikan   Makalah  ini  yang alhamdulillah  tepat  pada  waktunya  yang berjudul “Membaca Pemahaman”.
 Makalah   ini   berisikan tentang pengertian membaca pemahaman,langkah langkah membaca pemahaman,latihan membaca pemahaman,dan latihan membaca pemahaman dengan paragraf  rumpang.
       Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran  dari semua pihak yang bersifat  membangun  selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
       Akhir kata,  kami  sampaikan  terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam   penyusunan   makalah   ini  dari   awal  sampai  akhir.  Semoga dari makalah ini,  kita  dapat menambah pengetahuan tentang membaca pemahaman dan mendapatkan informasi yang ada.








                                                                                   Baturaja, 13 November 2016



                                                                                              penulis
                                                                                    


Daftar Isi
Kata Pengantar.........................................................................................................i
Daftar Isi..................................................................................................................ii
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah.................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah............................................................................................. 2
1.3 Tujuan Penulisan.............................................................................................. .2
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Tujuan Pendidikan.............................................................................................3
2.2 Fungsi Pendidikan.............................................................................................4

BAB 3
PENUTUP
3.1Kesimpulan........................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................9








                                



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
      Secara akademik, istilah pendidikan berspektrum luas. Pendidikan adalah proses peradapan dan peradapan manusia. Pendidikan adalah aktivitasi semua potensi dasar  manusia  melalui interaksi antara manusia dewasa dengan yang belum dewasa. Pendidikan adalah proses kemanusiaan dan pemanusiaan sejati, dengan atau tanpa penyegajaan.
       Pendidikan adalah proses pemartaban manusia menuju puncak optimasi potesi kognitif, afektif dan fsikomotorik yang di milikinya. Pendidikan adalah proses membimbing, melatih dan memadu manusia  terhindar atau keluar dari kebodohan.Dalam pendidikan pasti mempunya maksud dan tujuan tersebut,yang akan di bahas pada makalah ini adaah tujuan dan fungsi dari pendidikan

1.2 Rumusan Masalah
      Dari penjelasan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
  1.Apa Tujuan dari Pendidikan?
  2.Apa fungsi dari Pendidikan


1.3 Tujuan Penulisan
  1.Agar mengetahui tujuan dari pendidikan
  2. Agar Mengetahui apa fungsi pendidikan







BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Tujuan Pendidikan
         Tujuan dan fungsi pendidikan seseringnya sulit dibedakan, bahkan dikacaukan. Kata tujuan merujuk pada hasil, sedangkan fungsi merujuk pada proses. Tujuan berkaitan dengan akhir dan sebuah proses atau capaian yang diperoleh dan proses pendidikan itu. Fungsi merujuk pada hasil lain yang mungkin terjadi sebagai sampingan atau konsekuensi dan proses pendidikan itu. Fungsi pun bisa bermakna efek samping yang muncul dan sebuah proses pendidikan. Kata tujuan bermakna penyengajaan, sementara fungsi lebih bermakna efek alami yang ditimbulkan dan sebuah proses untuk mencapal tujuan itu.
Secara tradisional tujuan utama pendidikan adalah transmisi pengetahuan atau proses membangun manusia menjadi berpendidikan. Transfer pengetahuan yang diperoleh di bangku sekolah atau di lembaga pelatihan ke dunia nyata adalah sesuatu yang terjadi secara alami sebagai konsekuensi dan kepemilikan pengetahuan oleh peserta didik atau siswa. Karenanya, tujuan pendidikan adalah seperti apa yang dinyatakan, berikut segala upaya mencapainya. Fungsi diasumsikan terjadi tanpa usaha yang diarahkan, lebih bersifat alami, untuk tidak disebut sebagai kebetulan belaka.
Tugas utama pendidikan adalah menanamkan keyakinan dan memfasilitasi proses belajar siswa. Hasilnya adalah perolehan belajar atau yang lebih utama adalah kesadaran akan pentingnya belajar, serta pengetahuan tentang belajar bagaimana belajar. siswa, dan anak-anak. Menurut Emma Goldman, “Satu-satunya tujuan pendidikan adalah untuk mengajar siswa bagaimana menjalani hidupnya dengan mengembangkan pikiran dan memperlengkapi dia untuk menghadapi realitas. Pendidikan yang dibutuhkan bersifat teoritis atau konseptual, dimana anak diajar berpikir, memahami, mengintegrasikan, dan membuktikan suatu fenomena.

 2.2 Fungsi Pendidikan
               Pendidikan membawa misi mulia sebagai proses kemanusiaan dan pemanusiaan, balk alami maupun buatan. Di Indonesia, pendidikan nasional dikonsepsikan sebagai berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal mi secara nyata tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan produk hukum lainnya.
Di dalam literatur akademik, kajian mengenai fungsi pendidikan memunculkan pertanyaan yang banyak dan mendalam. Jiddu Krishnamurti (1895-1986), misalnya, membuat sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan upaya menelaah fungsi pendidikan. Perhatikan pertanyaan-pertanyaannya benikut ini. Mengapa siswa pergi ke sekolah, belajar berbagai mata pelajaran, berusaha Iulus ujian dan bersaing satu sama lain untuk mencapai nilai yang lebih baik? Apakah ini yang disebut pendidikan? Mengapa siswa belajar keras selama pendidikan di sekolah? Apakah itu hanya untuk lulus ujian dan mendapatkan pekerjaan untuk hidup? Apakah fungsi pendidikan untuk mempersiapkan siswa sementara mereka masih terlalu muda untuk memahami keseluruhan proses? Apakah memiliki pekerjaan dan memperoleh penghasilan dan pekerjaan itu merupakan produk pendidikan? Apakah siswa dididik hanya untuk itu?
Fungsi pendidikan sesunguhnya adalah membangun manusia yang beriman, cerdas, kompetitif, dan bermartabat beriman, mengandung makna bahwa manusia mengakui adanya eksistensi Tuhan dan mengikuti ajaran dan menjauhi larangannya. Kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa tercermin dari keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, budi pekerti luhur, altruis (semangat membantu orang lain secara cuma-cuma), motivasi tinggi, optimis, dan kepribadian unggul. Kecerdasan emosional dan spiritual tercermin dan sensitivitas dan apresiasi akan kehalusan dan keindahan seni budaya; beraktualisasi din melalui interaksi sosial yang: membina dan memupuk hubungan timbal balik, demokratis, empatik, simpatik, menjunjung tinggi HAM, ceria dan percaya diri.
BAB 3
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
     Tujuan dari pendidikan akademik
1. Mengoptimasi potensi kognitif, afektif, dan psikomotor yang dimiliki oleh siswa.
2. mewariskan nilal-nilal budaya dan generasi ke generasi untuk menghindari sebisa mungkin anak-anak tercabut dan akar budaya dan kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. mengembangkan daya adaptabilitas siswa untuk menghadapi situasi masa depan yang terus berubah, baik intensitas maupun persyaratan yang diperlukan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. meningkatkan dan mengembangkan tanggung jawab moral siswa.
5. mendorong dan membantu siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
6. mendorong dan membantu siswa memahami hubungan yang seimbang antara hukum dan kebebasan pribadi dan sosial.
      Fungsi Pendidikan
Fungsi pendidikan sesunguhnya adalah membangun manusia yang beriman, cerdas, kompetitif, dan bermartabat beriman, mengandung makna bahwa manusia mengakui adanya eksistensi Tuhan dan mengikuti ajaran dan menjauhi larangannya. Kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa tercermin dari keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, budi pekerti luhur, altruis (semangat membantu orang lain secara cuma-cuma), motivasi tinggi, optimis, dan kepribadian unggul. Kecerdasan emosional dan spiritual tercermin dan sensitivitas dan apresiasi akan kehalusan dan keindahan seni budaya; beraktualisasi din melalui interaksi sosial yang: membina dan memupuk hubungan timbal balik, demokratis, empatik, simpatik, menjunjung tinggi HAM, ceria dan percaya diri.


3.2 Saran
    Penulis berharap dari makalah ini mahasiswa dapat memahami:
1.Tujuan dari pendidikan
2. Fungsi dari Pendidikan


























DAFTAR PUSTAKA

 Prof.Dr.Sudarwan,8 oktober 2013,Pengantar pendidikan
Sunda,gini,
http://ginsunda.blogspot.co.id/2013/05/pendidikan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar